Revitalisasi Manajemen Berbasis Sekolah: Upaya Sistemik Meningkatkan Efektivitas Guru dan Kualitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.71094/jppmi.v2i2.101Keywords:
Revitalisasi, Manajemen Berbasis Sekolah, Efektivitas Guru, Mutu PendidikanAbstract
Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh efektivitas guru dan tata kelola sekolah yang profesional. Salah satu pendekatan strategis dalam meningkatkan keduanya adalah melalui revitalisasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat implementasi MBS di sekolah mitra sebagai upaya sistemik dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu layanan pendidikan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pelatihan, workshop partisipatif, serta pendampingan langsung kepada kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan manajerial di kalangan pemangku kepentingan sekolah, khususnya dalam perencanaan program, pengelolaan sumber daya, dan evaluasi berbasis data. Selain itu, guru-guru mulai menunjukkan perbaikan dalam perencanaan pembelajaran, kolaborasi tim, dan refleksi kinerja. Kesimpulannya, revitalisasi MBS yang dilakukan secara terstruktur dan kolaboratif mampu mendorong terjadinya perubahan positif dalam lingkungan sekolah, yang berdampak pada meningkatnya efektivitas kerja guru dan mutu pendidikan secara menyeluruh. Kegiatan ini direkomendasikan untuk direplikasi di sekolah lain dengan penyesuaian konteks lokal masing-masing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Chothibul Umam Assa'ady, Susilo Talidobel, Baiq Nadia Nirwana, Heri Sopian Hadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.