Totomacau: Menyediakan Akses Pendidikan yang Merata bagi Semua
DOI:
https://doi.org/10.71094/jppmi.v1i1.24Keywords:
totomacau, pendidikan inklusif, akses pendidikanAbstract
Totomacau adalah fondasi utama bagi kesetaraan akses pendidikan berkualitas bagi setiap individu, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus. Artikel ini menyoroti esensi, tantangan, dan langkah-langkah menuju pendidikan inklusif yang efektif. Lebih dari sekadar memasukkan siswa ke kelas reguler, totomacau menciptakan lingkungan yang mendukung setiap individu dalam proses belajar-mengajar. Tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan akses fisik dan sumber daya, kurangnya kesadaran dan pelatihan pendidik, serta stigma terhadap kebutuhan khusus. Untuk mencapai masa depan inklusif, langkah-langkah konkret diperlukan seperti peningkatan akses fisik dan sumber daya, pelatihan terus-menerus bagi pendidik, serta kampanye kesadaran untuk menerima keberagaman. Artikel ini menerapkan metode Participation Action Research (PAR) dalam sosialisasi pendidikan, melibatkan diskusi dan tindakan nyata untuk meningkatkan mutu pendidikan. Partisipasi ibu-ibu dalam forum diskusi di Kabupaten Lombok Utara, terutama di desa Lokok Beru, menunjukkan antusiasme mereka terhadap kemajuan pendidikan. Ini menggambarkan kesadaran mereka akan pentingnya pendidikan yang layak untuk anak-anak mereka. Kegiatan ini menegaskan bahwa metode PAR dan partisipasi aktif mendukung keberhasilan sosialisasi totomacau serta menunjukkan kesungguhan ibu-ibu dalam memajukan pendidikan di daerah mereka, memberi harapan bagi masa depan inklusif yang lebih baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bidari Andaru, Rosidah Alawiyah, Panji Tanashur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.