Pembelajaran Simbol Visual dan Pengenalan Wayang Sasak melalui Animasi dan Workshop

Authors

  • I Nyoman Miyarta Yasa Desain Komunikasi Visual, Universitas Bumigora
  • Mohamad Yudisa Putrajip Desain Komunikasi Visual, Universitas Bumigora
  • I Gede Anjas Kharisma Nata Desain Komunikasi Visual, Universitas Bumigora
  • I Wayan Kusuma Di Biagi Desain Komunikasi Visual, Universitas Bumigora
  • Ashar Banyu Lazuardi Desain Komunikasi Visual, Universitas Bumigora
  • Qatrunnada Desain Komunikasi Visual, Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.71094/jppmi.v2i1.79

Keywords:

Animation Media, Coloring, Sasak Puppetry

Abstract

Globalisasi memberikan dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, yang tanpa disadari, telah membuat generasi muda lebih tertarik pada kesenian modern. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya lokal menjadi sangat penting, sebagai bagian dari pelestarian kearifan lokal. Pengabdian ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang memiliki budi pekerti luhur, wawasan mengenai kearifan lokal, serta rasa cinta terhadap budaya lokal, sekaligus mendorong upaya pelestarian kebudayaan Sasak melalui pengenalan wayang Sasak di Pasraman Widya Sastra, Dusun Bengkoang, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini mencakup observasi, ceramah, dan pelatihan (workshop). Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa acara tersebut efektif dalam memperkenalkan seni dan budaya Sasak, khususnya wayang Sasak, kepada generasi muda melalui penggunaan media animasi, yang dipadukan dengan workshop mewarnai. Kegiatan ini terbukti berhasil meningkatkan minat peserta dan mempermudah pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Yasa, I. N. M., Putrajip, M. Y., Nata, I. G. A. K., Biagi, I. W. K. D., Lazuardi, A. B., & Qatrunnada, Q. (2024). Pembelajaran Simbol Visual dan Pengenalan Wayang Sasak melalui Animasi dan Workshop. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat IPTEKS, 2(1), 73–80. https://doi.org/10.71094/jppmi.v2i1.79

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.